Categories
News

Pengabdian Masyarakat di Desa Lampanairi Kabupaten Buton Selatan

Pada Senin 14 Juni 2021,

kami memilih Desa Lampanairi, Kabupaten Buton Selatan sebagai daerah pengabdian masyarakat. Daerah ini jauh dari kota dan mayoritas masyarakat menjadikan berkebun, mencari ikan di laut, dan berjualan ke pasar sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pendidikan

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan tinggi dirasa masih kurang. Kehidupan anak-anak disini jauh berbeda dengan di kota. Mereka berpikir mendapatkan pendidikan di sekolah tidak terlalu membawa dampak yg signifikan pada kehidupan mereka jika pada akhirnya mereka hanya akan menjadi pengurus kebun atau nelayan. Hal ini dikarenakan mereka melihat aktivitas dan kenyataan hidup yg terjadi pada orang tua mereka. Anak-anak disini lebih memahami dan mampu beradaptasi dengan alam sekitarnya, seperti kepandaian mereka menangkap ikan di laut, berburu ayam di hutan atau membantu orang tua mereka di kebun.

Cita-Cita

Ada sekitar 40 anak berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka sangat antusias dan gembira mengikuti semua aktivitas seperti mendengarkan cerita dongeng, belajar bahasa Inggris dan bermain bersama. Di sela-sela kegiatan, kami banyak mendengar cerita tentang mimpi dan cita-cita mereka. Ada yang mau menjadi dokter, guru, polisi, tentara dan juga ada yang bermimpi untuk mempunyai kebun yang luas. Kami sadar kegiatan ini bukan hanya memperkenalkan aktivitas-aktivitas yang kami lakukan. Bukan hanya sekedar berkenalan dan menghabiskan waktu menyenangkan bersama, tetapi kegiatan ini memberikan kesan dan kenangan terindah bagi mereka dan menginspirasi mereka untuk memiliki mimpi dan mengejarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp Chat